Tidak dipungkiri di era modern sekarang ini makin banyak media sosial yang menjamur, seperti twitter, path, instagram, facebook dan tidak lupa blog. Perkembangan media sosial tersebut sangat menarik perhatian bagi para pengusaha, khusunya pengusaha dibidang online shop, para pengusaha makin giat mempromosikan produknya lewat jalan media sosial. Melihat antusianya orang pada jaman sekarang menggunakan media sosial menjadi keuntungan tersendiri bagi para pengusaha tersebut. Didukung pada jaman sekarang orang lebih suka berbelanja secara online daripada langsung adatang ke toko.
Promosi dengan menggunakan media sosial memberikan keuntungan bagi pengusaha, contohnya lebih menghemat biaya dan pembeli langsung spontan membeli produk yang ia mau saat melihat barang atau gambar produk tersebut, istilahnya tinggal klik barang meluncur kerumah.
Namun dalam promosi produk secara online maka para pengusaha harus memberikan informasi secara detail tentang produk yang ia jual agar pelanggan tidak merasa kecewa atau tertipu dengan online shop tersebut, dengan begitu pelanggan akan kembali dstang untung membeli atau bahkan mempromosikan lagi online shop tersebut ke para kerabatnya.
Blog sebagai media promosi
1. Media Informasi
Yang ini sudah jelas… Yang namanya
website ato media internet sedikit banyaknya pasti memberikan informasi
tentang sesuatu. Dalm kasus ini blog-blog akan memberikan informasi pada
netter tentang isu produk baru, review produk, kekurangan dan kelebihan
suatu produk bahkan komparasi atau perbandingan dari berbagai macam
produk motor…
Pada dasarnya semua produk bagus dan
beda-beda tipis… Hanya saja setiap produk memiliki kecenderungan untuk
lebih menonjolkan sesuatu sebagai identitasnya.. Nah dari sono netter
akan bisa mengerti (termasuk saya) produk mana yang sebenernya misalnya
lebih kenceng, lebih irit, lebih inovasi, lebih ergonomi atau bahkan
value price-nya lebih baik…
2. Media Promosi (Branding Product)
Nyambung dari nomer 1 mengenai identitas
produk… Ini berlaku bagi para produsen atau ATPM.. Dalam hal ini suatu
produk perlu memiliki brand untuk menjadi leader market. Contoh kasus
Apple dengan iPodnya menjadikan produk serupa Zune dari Microsoft dan
Walkman dari Sony keteteran..
Biasanya seorang blogger akan membuat
postingan sesuatu sesuai dengan faktanya. Tanpa ada tekanan, unsur
politik atau membawa kepentingan suatu golongan.Disinilah kelebihan dari
blog dari media lain seperti koran, majalah, tabloid dan lainnya…
Secara mereka kan cuma seorang yang
memiliki suatu hobi ngeblog yang biasanya berangkat dari orang2 yang
memang hobi motor atau memiliki pengalaman tentang motor… Jadi ga ada
tuh yang namanya tekanan dari atasan atu lainnya.. Mau nulis A ato B ya
terserah blogger sendiri… Jadi objektifitas dari isi blog pun dijamin
100% (bener gak seh…?)
Nah, berangkat dari situ, para ATPM motor
di kita pun sudah mulai memperhitungkan keberadaan blog ini. Setelah
AHM menggandeng bloggers sebagai “partner”, beberapa waktu kemari
giliran YMKI yang menjadikan blog sebagai media pertama sebagai wahana
publikasi produk barunya… Bahkan konon menurut beberapa informasi
pabrikan Minerva pun sudah mengandeng blogger seperti dua ATPM tadi….
Menarik memang tren di era globalisasi
ini, media informasi tidak lagi didominasi oleh media cetak atau
elektronik konvensional. Era digital yang memberikan banyak ruang kepada
semua pihak, lebih menjanjikan informasi yang lebih gres, cepat dan
akurat…
Npm: 1211050159
Nama: Wella Mega Yana
Kelas: P3
Tidak ada komentar:
Posting Komentar