iklan

Pasang Iklan Banner Murah di Blog

Kamis, 15 Januari 2015

BLOG dan MESDOS Sebagai Salah Satu Media Sosial


Tidak dipungkiri di era modern sekarang ini makin banyak media sosial yang menjamur, seperti twitter, path, instagram, facebook dan tidak lupa blog. Perkembangan media sosial tersebut sangat menarik perhatian bagi para pengusaha, khusunya pengusaha dibidang online shop, para pengusaha makin giat mempromosikan produknya lewat jalan media sosial. Melihat antusianya orang pada jaman sekarang menggunakan media sosial menjadi keuntungan tersendiri bagi para pengusaha tersebut. Didukung pada jaman sekarang orang lebih suka berbelanja secara online daripada langsung adatang ke toko.

Promosi dengan menggunakan media sosial memberikan keuntungan bagi pengusaha, contohnya lebih menghemat biaya dan pembeli langsung spontan membeli produk yang ia mau saat melihat barang atau gambar produk tersebut, istilahnya tinggal klik barang meluncur kerumah.

Namun dalam promosi produk secara online maka para pengusaha harus memberikan informasi secara detail tentang produk yang ia jual agar pelanggan tidak merasa kecewa atau tertipu dengan online shop tersebut, dengan begitu pelanggan akan kembali dstang untung membeli atau bahkan mempromosikan lagi online shop tersebut ke para kerabatnya.

 Blog sebagai media promosi

1. Media Informasi
Yang ini sudah jelas… Yang namanya website ato media internet sedikit banyaknya pasti memberikan informasi tentang sesuatu. Dalm kasus ini blog-blog akan memberikan informasi pada netter tentang isu produk baru, review produk, kekurangan dan kelebihan suatu produk bahkan komparasi atau perbandingan dari berbagai macam produk motor…
Pada dasarnya semua produk bagus dan beda-beda tipis… Hanya saja setiap produk memiliki kecenderungan untuk lebih menonjolkan sesuatu sebagai identitasnya.. Nah dari sono netter akan bisa mengerti (termasuk saya) produk mana yang sebenernya misalnya lebih kenceng, lebih irit, lebih inovasi, lebih ergonomi atau bahkan value price-nya lebih baik…
2. Media Promosi (Branding Product)
Nyambung dari nomer 1 mengenai identitas produk… Ini berlaku bagi para produsen atau ATPM.. Dalam hal ini suatu produk perlu memiliki brand untuk menjadi leader market. Contoh kasus Apple dengan iPodnya menjadikan produk serupa Zune dari Microsoft dan Walkman dari Sony keteteran..
Biasanya seorang blogger akan membuat postingan sesuatu sesuai dengan faktanya. Tanpa ada tekanan, unsur politik atau membawa kepentingan suatu golongan.Disinilah kelebihan dari blog dari media lain seperti koran, majalah, tabloid dan lainnya…
Secara mereka kan cuma seorang yang memiliki suatu hobi ngeblog yang biasanya berangkat dari orang2 yang memang hobi motor atau memiliki pengalaman tentang motor… Jadi ga ada tuh yang namanya tekanan dari atasan atu lainnya.. Mau nulis A ato  B ya terserah blogger sendiri… Jadi objektifitas dari isi blog pun dijamin 100% (bener gak seh…?)
Nah, berangkat dari situ, para ATPM motor di kita pun sudah mulai memperhitungkan keberadaan blog ini. Setelah AHM menggandeng bloggers sebagai “partner”, beberapa waktu kemari giliran YMKI yang menjadikan blog sebagai media pertama sebagai wahana publikasi produk barunya… Bahkan konon menurut beberapa informasi pabrikan Minerva pun sudah mengandeng blogger seperti dua ATPM tadi….
Menarik memang tren di era globalisasi ini, media informasi tidak lagi didominasi oleh media cetak atau elektronik konvensional. Era digital yang memberikan banyak ruang kepada semua pihak, lebih menjanjikan informasi yang lebih gres, cepat dan akurat…


Npm: 1211050159
Nama: Wella Mega Yana
Kelas: P3


Tidak ada komentar:

Posting Komentar